sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Monday, 13 January 2014

Rem Tidak Pakem Padahal Kampas Rem Masih Tebal? Begini Cara Mengatasinya

Rem Tidak Pakem Padahal Kampas Rem Masih Tebal- Mungkin masalah tersebut sering anda alami, yaitu ketika rem cakram tidak pakem atau tidak bekerja ketika tuas rem ditekan. Padahal ketika dicek kampas rem masih tebal. Lalu apa penyebabnya? Nah, jika hal tersebut terjadi kemungkinan terbesarnya adalah adanya udara yang masuk kedalam sistem rem cakram kendaraan anda.

Rem Tidak Pakem Padahal Kampas Rem Masih Tebal? Begini Cara Mengatasinya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa rem cakram menggunakan sistem hidrolis sebagai penggerak. Sistem hidrolis banyak digunakan sebagai penggerak seperti halnya di kopling, karena tekananya akan diteruskan sama besar. Namun tentunya ada kelemahanya, yaitu ketika udara palsu bercampur kedalam sistem hidrolis rem tersebut. Sifat udara yang incompressible atau dapat dikompresi menjadikan tekanan dari master cylinder tidak diteruskan ke kaliper. Akibatnya rem terkesan "nggembos" atau rem tidak pakem lagi padahal tuas rem sudah ditekan penuh. lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ketika rem tidak pakem akibat udara palsu, maka dapat diatasi dengan mengeluarkan udara tersebut dari sistem. Pertama-tama pompa terlebih dahulu rem, dengan menekan tuas rem secara berulang kali. Hal ini adalah untuk menekan udara palsu agar terkumpul dibawah. Dengan posisi tuas rem yang masih ditekan dan ditahan kendorkan baut nepel atau baut pembuangan. Setelah udara yang bercampur minyak keluar kencangkan lagi baut nepel dan kemudian lepas tuas rem. Lakukan cara tersebut berulang kali hingga tidak didapatkan lagi udara yang keluar. Setelah udara palsu keluar semua dari sistem rem dijamin, rem akan pakem lagi atau bekerja sebagaimana mestinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rem Tidak Pakem Padahal Kampas Rem Masih Tebal? Begini Cara Mengatasinya

0 komentar:

Post a Comment